Senin, 16 Januari 2017

Belajar Tangguh dari Olivia Pope, Si Modis yang Tegas di Serial Scanda



Foto: ABC Studios
 
Ramainya dunia pertelevisian Hollywood dengan kehadiran serial berlatar belakang drama politik memberikan napas segar. Wanita dalam karier politik tak lagi digambarkan sebagai pleaser, follower, atau sekadar ‘si cantik tak berotak’. Dari Olivia Pope, figur wanita yang ada dalam serial Scandal, kita bisa belajar banyak hal tentang kekuatan wanita. Konsultan dari Experd, Gloria Dewi C. Pangaribuan, membantu menganalisis bagaimana seharusnya kita bisa mengambil ilmu dari mereka untuk meningkatkan karier.

Perjalanan karier dari Direktur Komunikasi Kepresidenan Amerika Serikat menjadi pendiri firma penanggulangan krisis, membentuk Olivia Pope (Kerry Washington) menjadi sosok wanita yang tangguh. Dengan lihai ia bisa menyelesaikan berbagai macam masalah yang dihadapi para kliennya.

Menurut analisis Gloria, kekuatan tokoh Olivia ini adalah kepintaran dan kepandaiannya bernegosiasi. Latar belakang pengalamannya menjadi direktur komunikasi kepresidenan selama beberapa tahun  telah memperkaya wawasan dan keahliannya berdiplomasi menghadapi berbagai macam karakter manusia.

 Wawasan luas Olivia melahirkan karakter yang percaya diri, berani mengemukakan pendapat, dan pandai meyakinkan orang lain untuk mengikuti apa yang diinginkannya. “Alhasil, dengan wawasannya yang luas, ia bisa mengemas argumennya dengan kuat. Ia juga bisa menyampaikan poin-poin yang diinginkannya secara gamblang dan tegas,” jelas Gloria.

Sebuah adegan ketika OIivia harus membantu  kliennya dari tuduhan penculikan terhadap sang istri, ia bisa mengatasinya dengan cepat. Gaya bicaranya yang cepat tanpa jeda, atau biasa disebut 'staccato sentence', kepada pihak penyidik kasus tersebut membuat mereka tak memiliki kesempatan menyanggah pembicaraannya. Pihak lawan pun langsung bisa menangkap poin yang ia maksudkan.

Karakter yang kuat dan tegas untuk menghadapi klien memang sangat dibutuhkan. Seperti penuturan Gloria, agar bisa tampil setara dengan ‘lawan’, maka kita harus sama tangguhnya. “Tapi, juga harus diimbangi dengan pemikiran yang inovatif dalam menyelesaikan tugas-tugas dan relevan dengan  kondisi saat ini,” saran Gloria.

Bertarung di dunia politik tentu tak bisa berjuang sendiri. Dalam hal ini, Olivia pintar dalam menjalin hubungan dengan rekan timnya di firma Olivia Pope & Associate. Olivia memang sangat vokal dalam menyampaikan kritik kepada bawahannya. Namun, ia tetap menjunjung tinggi harga diri mereka dengan tidak mempermalukan mereka di depan umum. Karena itulah, meski Olivia sangat tegas dan lantang, sosoknya tidaklah dibenci, sebaliknya justru dihormati oleh  timnya dan keterbukaannya membuat hubungan yang terjalin dengan tim sangat kuat,” ujar Gloria.

Lebih dari itu, penampilan modis khas Olivia Pope menjadi magnet positif tersendiri dalam peningkatan kariernya. "Tentu lebih menyenangkan berinteraksi dengan seseorang yang menarik secara penampilan. Walau bukan poin utama,  ini bisa menjadi proses pendukung negosiasi, berdiplomasi atau lobbying dengan orang lain," jelas Gloria. (f)


Citra Narada Putri

http://www.femina.co.id/career/belajar-tangguh-dari-olivia-pope-si-modis-yang-tegas-di-serial-scandal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar