Senin, 16 Januari 2017

8 Hal Kecil yang Dapat Mendongkrak Karier



Foto: Fotosearch

Kita cenderung menyepelekan hal-hal kecil dengan alasan sibuk, tidak ada waktu, atau merasa banyak urusan lain yang jauh lebih penting. Padahal kesuksesan di dunia kerja juga bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti persiapan sebelum berangkat ke kantor maupun presentasi. Jangan lagi melupakan delapan hal berikut ini bila mengincar promosi jabatan, ya.

1. Siap-siap
Persiapan adalah kunci untuk mendapatkan penampilan yang oke. Karena itu, sisihkan waktu untuk menyiapkan baju kerja yang hendak kita pakai pada malam hari sebelum tidur. Kita akan lebih leluasa memilih dan memadupadankan baju karena punya banyak waktu. Lagi pula penampilan maksimal, secara nggak langsung akan memompa rasa pede kita, kan.

2. Breakfast power
Masih ingat nggak, nasihat orangtua soal pentingnya sarapan sebelum memulai hari? Kenyataannya, dengan sarapan kita akan memiliki energi yang cukup selama beraktivitas di pagi hari. Selain membantu otak bekerja secara maksimal, sarapan yang benar terbukti berpengaruh terhadap mood kita. Saat perut kenyang—bukan kekenyangan—kita bakal lebih semangat dan produktif untuk menyelesaikan tugas.

3. Catat!
Kebiasaan mencatat janji atau tugas tidak hanya berlaku buat anak sekolah saja. Kita yang sudah bekerja pun harus punya rencana harian tersendiri. Maksudnya, sih, agar kita gampang mengingat semua janji dan rencana. Nggak mau, kan, ketinggalan ketemu klien penting cuma gara-gara salah tanggal? Manfaatkan juga sticky note yang ditempelkan di sekitar layar monitor sebagai reminder, tapi jangan lupa catat tanggal dan info sejelas mungkin biar nggak tertukar.

4. Clean it up
Tumpukan berkas, kertas-kertas yang tidak disortir, atau remah makanan berserakan di meja kerja memang kelihatan nggak ada hubungannya dengan pekerjaan kita. Sst, tanpa kita sadari, hal tersebut menandakan ada banyak hal yang belum kita selesaikan. Meja kerja yang bersih dan rapi akan membuat hidup kita lebih mudah serta menunjang efisiensi kerja. Kita nggak perlu buang waktu mencari materi atau berkas yang terselip di antara tumpukan file untuk rapat hari ini. Mulai, deh, menyortir semua kertas, berkas, dan file yang ada di atas meja kita—minimal seminggu sekali.

5. Peralatan bermasalah
Malas melapor ke bagian IT kantor tentang perangkat kerja yang bermasalah juga ikut menghambat produktivitas kita. Masalah seperti mouse sulit digerakkan, beberapa huruf di keyboard sulit ditekan, layar monitor sering 'kedip-kedip', atau koneksi internet yang lamban jangan hanya dicuekin, dong. Mungkin alasan kita malas mengurusnya karena harus melalui prosedur berbelit-belit sebelumnya. Sayangnya, nih, kalau kita jadi sering terlambat mengumpulkan tugas, lama-lama pasti mengganggu aktivitas bekerja. Meski kewajiban perusahaan untuk menggantinya, tapi tanpa laporan dari kita masalahnya bakal tetap ada. Jadi nggak perlu ragu lagi untuk melaporkannya segera!

6. Duduk nyaman, dong!
Kursi dan posisi duduk juga punya andil membuat kita 'betah' menyelesaikan pekerjaan. Seharusnya, sih, kursi yang kita duduki memenuhi standar kenyamanan soalnya hampir seluruh waktu kita di kantor dihabiskan untuk duduk di belakang meja kerja. Kalau memang harus terima kursi apa adanya, kita masih bisa mengakalinya, kok. Tinggal bawa bantal atau boneka untuk menyangga pinggang supaya nggak cepat pegal. Asal tidak terlalu besar dan bentuknya masih normal dijamin atasan nggak protes, he he he.

7. Kurangi menunda kerjaan
Karena masih jauh dari deadline, kita sering bersantai dan menunda pekerjaan yang dari atasan. Giliran di tengah-tengah minggu dapat tugas tambahan dengan deadline berdekatan, kita baru panik sendiri! Sebenarnya, sih, kita nggak perlu pusing kalau terbiasa langsung mengerjakan setiap tugas yang datang. Mulai sekarang ganti kebiasaan menumpuk pekerjaan dengan menyelesaikan tugas pada hari ini juga.
         
8. Ayo, bergerak!
Sering kali, kita mangkir dari kegiatan olahraga dengan alasan sudah merasa terlalu lelah bekerja atau justru takut capek setelahnya. Padahal rutin berolahraga justru disarankan untuk menunjang produktivitas kita. Olahraga, tuh, bisa membantu mengendurkan dan melemaskan otot-otot yang tegang akibat pekerjaan. Apalagi, kita sering tidak peduli dengan posisi tubuh selama bekerja—yang mungkin tidak sehat. Eits, boleh banget menganggap samsak sebagai tugas menumpuk yang ingin kita pukul jauh-jauh—lumayan buat meredam stres, he he he. (f)

http://www.femina.co.id/career/8-hal-kecil-yang-dapat-mendongkrak-karier

Tidak ada komentar:

Posting Komentar