Senin, 16 Januari 2017

10 Kiat Hemat, Cermat, Kaya (Bagian 3)



Foto: Fotosearch

Sulit banget bagi kita memulai langkah penghematan. Alhasil penghasilan bulanan sering habis tanpa sisa. Berikut tip hemat dari Indra Hadiwidjaja, konsultan keuangan Rencanakeuangan.com.

1 Alokasikan bonus. Jika mendapat bonus alokasikan ke tabungan Anda. Uang ini bukan penghasilan reguler sehingga jangan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi jika Anda memiliki utang, uang ini bisa digunakan untuk melunasinya.

2 Buatlah kebiasaan menabung Rp 5.000. Nggak harus setiap hari, misalnya ada sisa kembalian dari supermarket atau kembalian uang makan, simpan di celengan rumah. Setelah beberapa bulan, kumpulkan dan masukan ke rekening tabungan.

3 Berpuasa sehari tentu akan mengurangi pengeluaran harian Anda. Namun, jangan diniatkan untuk menghemat ya, tetap niatkan untuk beribadah. Cukup seminggu dua kali. Sudah hemat, dapat pahala pula!

4 Manfaatkan segala promo. Saat ini banyak banget tempat belanja, maupun resto yang sering memberikan promo khusus, misalnya diskon atau buy 1 get 1. Dengan memanfaatkan promo Anda akan lebih hemat.

5 Jika berencana liburan, rencanakan saat low season sehingga harga nggak terlalu mahal mulai dari harga tiket dan akomodasi. Saat low season harga barang-barang di lokasi liburan juga cenderung lebih murah.

6 Kontrol pemakaian internet. Untuk menghemat kuota Anda bisa melakukan beberapa trik, yaitu memanfaatkan wifi, pasang airplane mode saat bekerja, atau matikan ponsel saat tidur malam. Jangan sampai kuota habis sebelum batas pemakaian. Bisa tekor, tuh.

7 Coba beralih ke merek yang lebih murah atau lirik keluaran swalayan. Menurut studi dari Private Label Manufacturers Association, selama enam minggu konsumen bisa menghemat 33% uang belanja jika tidak memilih produk bermerek langganannya. Ini setara dengan penghematan Rp300.000 per bulan.

8 Hobi sering kali menguras kantong. Akali hobi Anda agar tetap bisa menikmati dengan lebih hemat. Misalnya, hobi olahraga nggak harus ke gym, ganti saja dengan street workout. Atau, jika hobi koleksi action figure, belilah saat ada pameran besar yang memberikan banyak promo.

9 Bijaklah memilih transportasi yang Anda gunakan: kereta, taksi, bus, angkot, ojek, kopaja dan lain-lain. Bandingkan harga masing-masing. Pilih yang sesuai dengan pos dana transportasi Anda.

10 Manfaatkan promo transportasi online. Saat ini marak banget jasa transportasi online. Selama masih masa promo, manfaatkan sebaik mungkin. Dengan catatan, harga promo lebih hemat dibanding harga normal transportasi umum biasa. (f)

Dian Probowati

http://www.femina.co.id/money/10-kiat-hemat-cermat-kaya-bagian-3-?t=preview

Tidak ada komentar:

Posting Komentar