Senin, 16 Januari 2017

10 Kiat Hemat, Cermat, Kaya (Bagian 2)


Foto: Fotosearch

Ingin punya banyak uang cuma satu syaratnya, yaitu berhemat. Tentunya, kita masih bisa tetap bersenang-senang. Berikut tip hemat dari Indra Hadiwidjaja, konsultan keuangan Rencanakeuangan.com.

1 Lakukan survei harga di beberapa tempat sebelum membeli sesuatu. Survei bisa dilakukan dengan browsing sehingga Anda mendapatkan harga terbaik untuk barang yang dibutuhkan.

2 Buatlah aturan dalam pengambilan uang. Contoh, terapkan bahwa Anda hanya boleh mengambil uang di ATM setiap hari Jumat dengan maksimal pengambilan Rp 200.000. Jika dibiasakan akan bermanfaat untuk penghematan.

3 Rajin cek laporan keuangan. Tanyakan jumlah tagihan kredit Anda setiap dua minggu sekali. Ini akan membuat Anda berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang. Jangan lupa untuk mencetak buku tabungan Anda setiap bulan.

4 Kontrol bujet pulsa. Untuk pulsa telepon sesuaikan dengan kebutuhan, sedangkan untuk internet belilah paket bulanan, lebih hemat dibanding mingguan atau harian. Jika Anda memiliki modem wifi, pilih paket internet dengan kuota rendah karena Anda perlu mengeluarkan biaya modem bulanan juga.

5 Kumpulkan barang-barang yang tak terpakai, namun kondisinya masih baik. Anda bisa memanfaatkan dengan menjualnya kembali, misalnya membuat garage sale atau ditawarkan ke teman-teman Anda. Hasilnya bisa untuk menambah uang harian.

6 Membawa bekal. Klise, sih, tapi sangat efektif untuk berhemat. Dengan membawa bekal, Anda bisa menahan keinginan untuk jajan di kantor. Jika dilakukan setiap hari besar dampaknya.

7 Secondhand, yes! Nggak perlu gengsi belanja dan menggunakan barang bekas selama masih layak digunakan dan berfungsi baik. Banyak juga, kok, barang second yang keren-keren!

8 Buat list kebutuhan prioritas sehingga penghasilan Anda per bulan tepat guna. Jika masih ada bujet lebih, baru bisa Anda lokasikan untuk kebutuhan lain di luar kebutuhan prioritas.

9 Kurangi kebiasaan nongkrong di resto, kafe, atau mal yang tanpa sadar mengeluarkan biaya besar. Ganti lokasi berkumpul, misalnya di rumah sahabat. Anda tetap bisa seseruan, kok, namun dengan cara lebih sederhana.

10 Stop kebiasaan membuang sisa receh. Siapkan sebuah celengan atau toples di rumah untuk menampung sisa receh Anda setiap hari. (f)

Dian Probowati

http://www.femina.co.id/money/10-kiat-hemat-cermat-kaya-bagian-2-?t=preview

Tidak ada komentar:

Posting Komentar