Senin, 16 Januari 2017

7 Kesalahan Saat Mencari Kerja


Mendapatkan pekerjaan impian merupakan proses yang panjang. Kita harus bersabar untuk menjalani setiap prosesnya. Sayangnya, nggak sedikit dari kita yang melakukan kesalahan, bahkan, pekerja yang sudah senior sekalipun bisa saja melakukan kesalahan. Berikut kesalahan umum yang biasanya dilakukan para pencari kerja. Sebaiknya segera hindari.

Hanya punya satu CV
Aspek paling penting dalam pencarian kerja adalah membuat diri kita terlihat. Tapi, kalau kita hanya memiliki satu CV, itu pun digunakan untuk melamar setiap pekerjaan, bahkan CV itu pula sudah dipakai dari tahun lalu, kita pasti sulit mendapatkan pekerjaan impian. Kalau mau sukses mendapatkan pekerjaan impian, coba luangkan waktu, dan buatlah CV berbeda dari setiap pekerjaan yang kita sedang lamar.

Menganggap bahwa kualifikasi kita sudah tercantum di CV
Walau kita sudah terlihat keren di CV, kita tetap harus menjual diri di depan calon bos. Perlihatkan bahwa kita memang calon berkualitas untuk posisi tersebut. Kalau perlu, kasih lihat mereka bagaimana cara kita mengatasi masalah dalam pekerjaan.

Hanya mencari melalui situs pencari kerja
Situs pencari kerja memang memudahkan kita mencari pekerjaan yang diinginkan. Tapi hanya mengandalkan cara tersebut justru bikin kita jadi kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Pasalnya, nggak semua perusahaan membuat iklan lowongan pekerjaan. Kalau memang kita memiliki teman yang kebetulan bekerja pada bidang yang diminati, nggak ada salahnya untuk bertanya tentang lowongan pekerjaan.

Tidak memiliki jaringan yang luas
Biasanya HRD akan bertanya apakah kita mengenal seseorang pada perusahaan tersebut. Pertanyaan ini sebenarnya ingin mengetahui seberapa luas jaringan pertemanan yang kita miliki. Berdasarkan penelitian jobseekers.com, hampir 60% manajer dan HRD, lebih memilih kandidat yang memilih banyak kenalan dan teman.

Nggak punya rencana
Bukan berarti tidak memiliki pekerjaan, kita jadi tidak memiliki rencana. Berikan waktu sampai sejauh mana kita berusaha mencapai pekerjaan impian, batas waktu menyebar CV, hingga menanyakan kembali tentang perkembangan CV kita. Dengan begitu, pencarian kerja jadi jauh lebih efektif.

Tidak percaya diri
Salah banget, kalau belum apa-apa, kita sudah merasa tidak mampu bekerja. Perlihatkan bahwa kita memang kandidat paling baik untuk posisi tersebut. Kalau perlu tunjukkan kemampuan kita. Siapkan diri kita untuk sesi interview, sehingga kita akan lebih percaya diri menghadapi setiap pertanyaan.

Tidak mem-follow up lagi
Selesai interview bukan berarti kita sudah kehilangan kesempatan. Hubungan kembali perusahaan tersebut setelah interview melalui email tentang kesempatan kita bekerja. Bisa jadi, kan, calon bos lupa atau memang aplikasi terselip, padahal sebenarnya mereka sudah cocok.

Anggraini Prawesti
Foto: Fotosearch
http://www.femina.co.id/karier-&-uang/7-kesalahan-saat-mencari-kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar