Senin, 01 Agustus 2016

Apa Itu Kokologi?

Kokologi adalah sebuah permainan untuk mengetahui karakter sesorang. Secara harfiah, kokologi berasal dari gabungan bahasa Jepang, kokoro yang berarti pikiran, semangat, dan perasaan, juga dari bahasa Yunani, logia yang berarti ilmu. Jadi dapat diartikan bahwa kokologi adalah permainan psikologi yang digunakan untuk mengetahui emosi dan tingkah laku seseorang. Wah pasti keren tuh bermain sambil tahu karakter seseorang. Fokus dari permainan ini adalah menganalisis kondisi psikis seseorang berdasarkan teori psikologi Freud dan Jung.
Mengapa kokologi ini bisa disebut permainan? Soalnya pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam kokologi ini sifatnya fun. Pertanyaannya bakal memaksa kamu berimajinasi juga lho. Pokoknya permainan kokologi ini seru banget deh, Loopers.
Tes psikologi yang populer di Jepang ini telah menjadi metode psikotes yang juga digunakan di negara-negara di Amerika, Australia, dan Asia. Seri buku kokologi diciptakan oleh Tadahiko Nagao dan Isamu Saito, profesor di Universitas Rissho dan Waseda di Jepang.

Peraturan dalam bermain kokologi

Permainan pada umumnya mempunyai peraturan. Yap, kokologi ini juga punya beberapa peraturan yang harus kamu patuhi. Apa aja peraturan itu? Ini dia:
  1. Jawablah pertanyaan dengan jawaban paling pertama yang terlintas di pikiran kamu
  2. Jangan berusaha mengira-ngira jawaban
  3. Jujurlah dengan diri kamu sendiri
  4. Jangan sampai kamu tahu jawabannya lebih dahulu sebelum kamu tahu pertanyaannya. Kalo udah tahu duluan, sama aja bohong dong.
  5. Have fun!

Contoh pertanyaan kokologi dan jawabannya

Penasaran seperti apa pertanyaan dalam permainan kokologi? Nih, Loop kasih beberapa contohnya. Siap-siap dan ingat ya dengan peraturannya.
  1. Kamu berada di dalam hutan. Saat berjalan, kamu melihat gubuk tua di sana. Bagaimana kondisi pintu gubuk? (Terbuka/Tertutup)
  2. Kamu masuk ke dalam gubuk dan melihat sebuah meja. Apa bentuk meja itu? (Bulat/Oval/Segiempat/Bujur sangkar/Segitiga)
  3. Di atas meja ada sebuah pot bunga. Di dalamnya terdapat air. Berapa banyak air yang terisi? (Penuh/Setengah/Kosong)

Nah, kamu udah punya jawabannya kan? Sekarang cari tahu arti dari jawabanmu itu, Loopers.
  1. Pintu:
Terbuka – kamu adalah orang yang suka berbagi
Tertutup – kamu adalah orang yang suka menyimpan segalanya sendiri
  1. Meja:
Bulat/Oval – kamu mudah mempercayai teman, meskipun kamu baru kenal
Bujur sangkar/Segiempat – kamu adalah orang yang pemilih dalam berteman. Kamu juga cenderung mencari yang selevel sama kamu
Segitiga – kamu adalah orang yang pemilih dalam berteman dan nggak punya banyak teman dalam hidupmu.
  1. Air di dalam pot:
Penuh – hidup kamu terasa penuh dan hampir semua keinginanmu tercapai
Setengah – apa yang kamu inginkan dalam hidupmu baru setengah yang tercapai
Kosong – puk-puk in aja ya. Kamu udah tahu kan artinya?


sumber : http://www.loop.co.id/articles/kokologi-bermain-sambil-belajar-mengenal-karakter-seseorang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar